UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Selenggarakan International Conference on Child and Adolescent Mental Health

     

    BAMING Research Group

    BAMING Research Group

    Jakarta – Dalam bidang ilmu psikologi, terdapat pemahaman umum bahwa tahun-tahun awal kehidupan seorang anak pada dasarnya penting untuk menentukan kesehatan di masa depan, baik fisik maupun mental. Awal kehidupan yang baik dapat membantu anak-anak untuk mencapai potensi optimal mereka, sementara awal yang buruk dapat merugikan masa depan anak-anak. Pemahaman ini telah diakui menjadi sebuah prioritas yang tinggi dan tujuan utama dari pembuatan kebijakan di banyak negara.

    Namun, banyak anak-anak di beberapa bagian dunia masih jauh dari  baik. Mereka jauh memiliki kesehatan dan hasil belajar yang lebih buruk serta perkembangan yang relatif rendah. Menyikapi kondisi ini, Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta, Indonesia, mengundang ulama, akademisi, peneliti, dan anggota LSM untuk bergabung dalam Konferensi Internasional bertujuan untuk membahas “Mempromosikan Kesehatan Anak, Pembangunan dan Kesejahteraan: Mengintegrasikan Keanekaragaman Budaya”, terselenggara pada 5 hingga 7 November 2015 di Jakarta.

    Pada konferensi ilmiah yang di beri nama International Conference on Child and Adolescent Mental Health ini, panitia menerima 35 judul penelitian yang terseleksi dari beberapa negara. Uniknya, lima diantaranya adalah penelitian yang menggunakan teknologi neuroimaging. Mereka menggunakan brain capacitometer hasil riset C-Tech Labs.

    Lima judul penelitian yang diusung oleh BAMING (Brain Activity Measurement in Gaming) Research Group ini menarik perhatian peserta lainnya. Pasalnya hanya tim ini saja yang hasil risetnya menggunakan teknologi neuroimaging. BAMING Reasearch Group adalah sebuah kelompok peneliti yang berasal dari C-Tech Labs, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Buya Hamka, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Universitas Katolik Atma Jaya, dan Universitas Pancasila.

    Seluruh presentasi dilakukan dalam Bahasa Inggris. Banyak kelebihan dari presentasi BAMING Research Group, sebab aplikasi teknologi neuroimaging yang tengah dikembangkan di Indonesia ini akan semakin luas dikenal dan sangat berpotensi untuk pemasaran neuroimaging device for research. (DWH)