Rapat Evaluasi Terhadap Hasil Uji ECCT 2016-2019

    Kesimpulan (sementara) hasil uji hewan mencit dengan ECCT menunjukkan bahwa ECCT aman (tidak mempengaruhi profil maupun kimia darah, fungsi liver maupun fungsi ginjal) dan mampu menurunkan besaran tumor secara nyata. Hasil uji klinis terhadap penderita kanker nasofaring stadium lanjut juga menunjukkan bahwa ECCT sebagai terapi tambahan di samping kemo tak mempengaruhi ritme jantung maupun gelombang otak, meningkatkan kualitas hidup pasien, serta menurunkan volume tumor hingga rata-rata 76% (dibandingkan dengan 47% apabila dengan kemo saja).

    Terimakasih kepada Bapak Menristekdikti, Prof. DR. Mohamad Nasir dan Kemenristekdikti yang telah menfasilitasi terlaksananya riset ini; Terimakasih kepada RS DR Soetomo dan Universitas Gadjah Mada yang telah bersedia melakukan penelitian ini.

    Dan terutama kepada Bapak Prof. DR. Mohamad Nasir, yang telah berkenan memimpin rapat evaluasi ini secara langsung, terimakasih atas dukungannya yang terus-menerus, dan SELAMAT telah menunaikan tugas sebagai Menristekdikti 2014-2019, semoga berkah dan menjadi amal kebaikan di sisi Allah SWT.