Puluhan Mahasiswa Ikuti Kerja Praktik di C-Tech Labs

    Tangerang – Puluhan mahasiswa ikuti kerja praktik di C-Tech Labs periode Juli-Agustus 2015. Mereka tidak hanya berasal dari kampus-kampus terbaik di Indonesia, seperti Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), namun ada pula mahasiswa dari kampus luar negeri seperti Beuth University of Applied Science, Jerman.

    Kerja praktik sebagai salah satu penentu kelulusan mahasiswa menjadi bagian dari program pengembangan SDM C-Tech Labs yang memfasilitasi mahasiswa dari berbagai kampus rekanan untuk ikut mengembangkan berbagai riset di C-Tech Labs. Mahasiswa kerja praktik dibagi menjadi beberapa kelompok peminatan dan disebar di empat laboratorium, yaitu Center for Electronic Science and Technology (CEST), Center for Non-Destructive Test (NDT) and Process Imaging, Center for High Performance Computing (HPC), dan Center for Medical Physic and Cancer Research.

    FOTO KP KOLASE

    “Kami mendapatkan fasilitas riset yang lengkap untuk proses pembelajaran sesuai dengan minat kami,” ujar Haris Herdian, mahasiswa Teknik Elektro ITB angkatan 2012. “Lingkungan kerja laboratorium yang baik membantu kami belajar lebih cepat didukung dengan evaluasi yang dilakukan secara berkala oleh para peneliti di masing-masing laboratorium,” tambahnya.

    Sama halnya dengan Haris, Lilis Mulansari, mahasiswa Teknik Fisika Beuth University of Applied Science, Jerman, juga merasa beruntung dapat menjadi bagian pengembangan teknologi di C-Tech Labs meski hanya dua bulan saja. “Saya sangat beruntung dapat menjadi mahasiswa magang di C-Tech Labs. Sejak awal saya sudah tertarik dengan  teknologi ECVT yang sejauh ini dikembangkan di C-Tech Labs, teknologi bidang tomografi jenis soft field pertama yang bersifat volumetrik. Saya beruntung karena berkesempatan menggunakan perangkat ECVT, memiliki akses ke database untuk melihat hasil citra ECVT pasien kanker otak, dan berkesempatan mengoperasikan perangkat ECVT untuk melakukan scanning terhadap pasien yang menderita kanker, “ujar Lilis. “Apalagi C-Tech Labs berada di Indonesia, sehingga rasa cinta saya semakin tinggi untuk mengembangkan teknologi anak negeri ini.”

    C-Tech Labs secara berkala membuka kesempatan untuk kerja praktik dan menerima mahasiswa magang di seluruh fasilitas riset yang ada. Mahasiswa atau pihak kampus dapat menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut mengenai kesempatan kerja praktik dan mahasiswa magang ini. (DWH)