Kunjungi Edwar Tech, KIR SMA 1 Tangerang Pupuk Semangat

    Tangerang — Akhir kepengurusan organisasi tak lantas membuat semangat siswa menurun. Kunjungan ilmiah yang dilakukan oleh Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) SMA Negeri 1 Tangerang ke PT. Ctech Lab Edwar Teknologi, Kamis (6/11), justru menginspirasi anggotanya untuk menjadi periset kelas dunia.

    Tak kurang dari 58 siswa anggota KIR SMA Negeri 1 Tangerang berkunjung untuk melihat aktivitas riset bertaraf internasional di PT. Ctech Lab Edwar Teknologi . Di perusahaan berbasis riset ini mereka mendapatkan penjelasan mengenai profil perusahaan oleh Marlin R. Baidillah, M. Sc. Selain itu, mereka juga diperkenalkan dengan produk Electro Capacitive Cancer Theraphy (ECCT) oleh Dr. Firman Alamsyah dan produk Electro Capacitance Volume Tomography (ECVT) oleh Dr. Rizki Edmi Edison. Dua produk hasil riset ini kini telah diaplikasikan di masyarakat.

    kunjungan-sma1

    Peserta kunjungan KIR SMA N 1 Tangerang ke PT. Edwar Technology.

    Ketua KIR, Agmad Pramana Putra, mengatakan bahwa rombongan peserta ingin menambah wawasan mereka tentang riset. “Kami ingin menambah wawasan para anggota KIR dalam kegiatan riset di perusahaan berbasis riset,” jelasnya.

    Kunjungan selama tiga jam ini membuat seluruh peserta kagum. Banyak pertanyaan yang mereka ajukan dan menunjukkan antusiasme mereka terhadap hasil riset PT. Ctech Lab Edwar Teknologi.
    Setelah cukup mendapatkan materi, peserta diajak berkeliling ke beberapa laboratorium untuk melihat langsung proses riset yang dilakukan. Laboratorium yang dikunjungi diantaranya Laboratorium HPC (High Performance Computing), Laboratorium NDT (Non-destructive Testing), dan ruang brain and breast scanning.

    Peserta kunjungan banyak bertanya tentang fasilitas super computer di Lab. HPC, proses pemindaian oleh sensor berbasis tomografi di Lab. NDT, dan cara kerja sensor ECVT untuk memindai aktivitas otak dan payudara di ruang brain and breast scanning.

    Di akhir kunjungan, peserta yang merupakan siswa kelas X, XI, dan XII ini menceritakan cita-citanya untuk menjadi periset kepada para periset di Ctech Lab Edwar Teknologi. Harapan besar agar kunjungan ilmiah ini dapat memupuk semangat remaja Indonesia untuk membangun bangsa melalui riset. (FA/DWH)