Johan Chandra: Banyak Hal Baru yang Tidak Saya Temui di Kampus

    Johan Chandra (21), Mahasiswa Teknik Elektro ITS.

    Johan Chandra (21), Mahasiswa Teknik Elektro ITS.

    Bekerja menjadi peneliti di bidang teknologi memang menjadi profesi yang menantang. Sepanjang sejarah manusia, penguasaan dan kemajuan teknologi selalu menjadi tolok ukur perkembangan sebuah negara. Tidak hanya memanfaatkan teknologi, namun juga mampu menciptakan dan mengembangkan teknologinya sendiri. Inilah tanggung jawab besar peneliti Indonesia agar negara ini dipandang sebagai bangsa yang besar.

    Johan Chandra (21), mahasiswa Teknik Elektro Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, menyadari tantangan besar ini selama menjadi bagian dari tim mahasiswa kerja praktik di C-Tech Labs periode Juli-Agustus 2015. Johan banyak mempelajari prinsip kerja ECVT dan matrix sensitivity dama kaitan mendesain elektroda untuk menjangkau kedalaman 1.5 cm.

    “Saya senang sekali dapat bergabung dan belajar bersama tim peneliti di C-Tech Labs. Saya mendapatkan hal-hal baru yang tidak saya temui di kampus. Terlebih saya langsung mempelajari seluk beluk ECVT langsung dari laboratorium awal ECVT ditemukan,” ungkap Johan saat ditemui di C-Tech Labs.

    Kepala Biro Keprofesian Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro ITS ini mengaku bahwa ia mendapatkan fasilitas yang memadai untuk melakukan pembelajaran riset di Center for Medical Physic and Cancer Research, C-Tech Labs. Ia berharap ilmu yang ia dapatkan selama menjalani kerja praktik di C-Tech Labs dapat ia kembangkan kembali pada saat mengerjakan tugas akhir terkait pembacaan dan pengolahan sinyal otak.

    Selain menjalani kegiatan perkuliahan, Johan juga aktif di berbagai organisasi di kampus. Johan tercatat menjadi HRD di UKM Robotika UTS. Johan juga aktif menjadi asisten laboratorium elektronika ITS. Prestasi non-akademik juga tak kalah menjadi pencapaian Johan selama kuliah. Johan pernah menjadi oral speaker dalam Asia-Pacific Student Forum mewakili Indonesia dalam rangkaian acara International Student Energy Summit. Johan juga pernah mendapatkan hibah Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang karsa cipta yang diselenggarakan oleh Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti). (DWH)