CTECH Labs Memperkenalkan Karakterisasi Jenis Batu Bara Menggunakan Teknik Pengukuran Kapasitansi

    Bali, Indonesia – 26-28 September 2014, Center for Tomography Research Laboratories (CTECH Labs) memperkenalkan karakterisasi jenis batu bara menggunakan teknik pengukuran kapasitansi. Pengenalan teknik pengukuran batu bara tersebut disampaikanoleh Bapak Didied Haryono (Dosen di Jurusan Teknik Metalurgi FT. UNTIRTA dan peneliti tamu di CTECH Labs)pada acara seminar internasional “The 1st Materials Research Society of Indonesia (MRS-Id) Meeting 2014” yang dihadiri oleh ratusan peneliti dari berbagai negara.

    ivs1

    Dalam paper yang berjudul “Characterization of Various Types Coal Using Capacitance Measurement Technique” dijelaskan mengenai kualitas/jenis batu bara berdasarkan pengukuran kapasitansi. Pengukuran kapasitansi ini dikorelasikan dengan kandungan yang terdapat dalam batu bara seperti kandungan moisture, ash, volatile matter, dan fixed carbon yang didapat dari analisa proksimat. Korelasi yang cukup baik ditunjukkan pada pengukuran kapasitansi terhadap kandungan moisture. Dalam penelitian ini batu bara yang dianalisa yaitu lignite, subbituminous, bituminous, dan anthracite.

    “Penelitian ini masih merupakan studi awal, dan tujuan akhir dalam penelitian ini yaitu kita ingin melihat kualitas batu bara secara realtime 4D pada saat batu bara diambil dari tambang dengan teknologi ECVT”, ungkap Bapak Didied Haryono.