C-Tech Gandeng Fisika ITB dan RSJ Jabar Kembangkan 4D Brain ECVT Bagi Penderita Gangguan Jiwa

    Bandung  (C-TechLabs.com) – C-Tech Laboratory kembali gandeng Departemen Fisika Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk melakukan riset bersama pengembangan 4D Brain Electrical Capacitance Volumetric Tomography (ECVT). Kerjasama ini juga melibatkan RSJ Provinsi Jawa Barat, pasalnya riset teknologi 4D Brain ECVT akan dikembangkan untuk mendiagnosa disfungsi otak pada pasien penderita gangguan jiwa di Kota Bandung. Pertemuan antarinstansi peneliti telah dilakukan, Kamis (16/10), di Bandung.

    itb rsj

    Kerja sama riset yang sepakati antara C-Tech Laboratory, Departemen Fisika ITB, dan RSJ Provinsi Jabar akan mengembangkan aplikasi 4D Brain ECVT untuk mendeteksi sinyal otak dan mendiagnosa disfungsi otak pada penderita gangguan mental pasien RSJ Provinsi Jabar. Tim peneliti yang diketuai Rizki Edmi Edison, Head of Neurosci. Lab, C-Tech Laboratory ini melibatkan delapan peneliti lain dari tiga pihak yang bekerja sama.

    Riset bersama yang didukung penuh oleh seluruh Direksi, Komite Medik, dan Komite Etik Penelitian RSJ Provinsi Jabar ini akan mengambil data sinyal otak dengan serangkaian tes selama 10 detik setiap tes menggunakan teknologi 4D Brain ECVT. Sebagai pembanding, riset juga akan dilakukan menggunakan Electroencephalogram (EEG), salah satu teknologi yang dapat mencatat aktivitas gelombang otak selama kurun waktu tertentu yang telah digunakan di RSJ Provinsi Jabar. Dalam pengambilan data pembanding ini, pengambilan sinyal otak pasien dilakukan selama 3 menit dengan 14 elektroda dalam kondisi pasien yang rileks.

    Hasil kedua modalitas kemudian akan dibandingkan untuk melihat kemampuan 4D Brain ECVT sebagai alat pendeteksi disfungsi sinyal otak. (DWH)