Brain ECVT Scanner Menjadi Perhatian Menteri-Menteri IPTEK ASEAN Dalam Pameran ASEAN Science & Technology Week (ASTW 2014)

    Tangerang – CTECH Labs Indonesia mengikuti pameran ASTW (ASEAN Science & Technology Week) yang diadakan di Botani Square Bogor. Pameran yang diikuti oleh negara-negara ASEAN, Jepang dan China tersebut berlangsung dari tanggal 22 sampai 25 Agustus 2014.

    Prof. Dr .Ir .H. Gusti Muhammad Hatta, MS selaku menteri riset dan teknologi Indonesia membuka acara tersebut dengan pemotongan pita, disela-sela wawancara dengan pers beliau mengatakan “proses akan dipermudah khususnya untuk HKI (Hak Kekayaan Intelektual), agar tidak menghambat para peneliti muda untuk mendapat HKI tersebut, selama lima tahun kedepan HKI akan diberikan secara gratis” ungkapnya.

    CTECH Labs dalam pameran tersebut mencoba mengenalkan ECVT (Electrical Capacitance Volume Tomography) 4D Brain Activity Scanner pertama di dunia, alat pemindai otak tersebut sukses menarik perhatian menteri-menteri se-ASEAN saat berkunjung ke stand pameran CTECH yang dipresentasikan oleh dr. Rizki Edmi Edison.

    Dokter Edmi menjelaskan kelebihan ECVT ini antara lain Non Radiasi sehingga sangat aman digunakan secara berkala dan dalam rentang waktu yang singkat serta tidak memerlukan energi listrik yang besar bahkan ruangan besar yang tertutup, ECVT juga mobile, karena alatnya yang mudah dibawa.

    Adapun beberapa pameris dari dalam negeri, antara lain LAPAN (Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional), RISTEK (Kementerian Riset dan Teknologi), BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika), IPB (Institut Pertanian Bogor) dan Pemkab Bogor. Adapun peserta pameris dari luar negeri seperti Japan Science and Technology (JST), Malaysia and Industries, SEA-EU NET dan USAID (United States Agency for International Development) juga ikut berpartisipasi dalam pameran tersebut. (KL)

    Picture2

    dr. Rizki Edmi Edison sedang mempresentasikan ECVT alat pemindai otak pertama di dunia kepada sejumlah menteri negara-negara ASEAN. (foto : KL)